caturprasongko_ads_AdSense2_1x1_as

Algoritma dalam kehidupan sehari-hari

Definisi Algoritma
Algoritma adalah jantung ilmu komputer atau informatika. Banyak cabang ilmu komputer yang mengarah ke dalam terminologi algoritma.
“Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis”. Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma. Langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar .
Namun,jangan beranggapan algoritma selalu identik dengan ilmu komputer saja. Dalam kehidupan sehari-hari pun banyak terdapat proses yang dinyatakan dalam suatu algoritma. Seperti contoh nya dalam kasus di bwah ini algoritma utuk Mengisi voucer pada HP ataupun telfon selular sebagai berikut langkah-langkah nya;
1.beli lah sebuah voucher dan gosok lah bagian belakang voucher hingga keliatan N0 voucher tersebut.
2 Hubungi NO operator sesusai jaringan telfon selular anda dan ikuti informasi yang diberikan oleh operator.
3.Masukan serial NO yang ada di belakang voucher tadi.
4.kemudian akhiri panggilan tersebut dan otomatis pulsa anda telah bertambah sesuai jumlah besar nya voucher yang anda beli.

Dengan algoritma, kita dapat mengatasi masalah dari yang sederhana sampai yang kompleks sekalipun. Hal ini dimaksudkan agar dapat mempermudah kerja atau mempermudah dalam membuat program. Selain itu, algoritma dapat mengatasi masalah logika dan masalah matematika dengan cara berurutan, tetapi kadang-kadang algoritma tidak selalu berurutan, hal ini dikenal dengan proses percabangan
Berikut ini adalah contoh algoritma untuk menghitung luas lingkaran:
1. Masukkan R
2. Pi ? 3,14
3. L ? Pi*R*R
4. Tulis L

Post a Comment

0 Comments